YLKI Nilai Pelayanan Mudik Tahun Ini Berjalan Baik

By Admin

nusakini.com-- Sudaryatmo, pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai pelayanan arus mudik pada lebaran 2017 berjalan baik.

"Persiapan pemerintah saat mudik kali ini lebih bagus dari tahun kemarin. Ada sinergi, ada koordinasi lintas kementerian dan lintas BUMN (Badan Usaha Milik Negara)," kata Sudaryatmo, Selasa (27/6). 

Sudaryatmo mencontohkan bagaimana pemerintah selaku regulator bersama sejumlah BUMN terkait mempersiapkan jalur fungsional. Meski masih ada sedikit kemacetan, menurutnya dengan jalur tersebut bisa menjadi alternatif bagi pemudik yang biasanya melewati jalan tol. 

Meski demikian, masih ada catatan yang kurang dari menurut YLKI. Pertama, ia melihat pemerintah kurang mengkampanyekan adanya jalur fungsional sebagai alternatif. Pada mudik kali ini penumpukan di jalur tol masih terjadi.

Berikutnya penumpukan pemudik masih terjadi di rest area. YLKI meminta pemerintah dan BUMN terkait memecahkan persoalan ini.

"Jadi yang harus diantisipasi pemerintah, bagaimana menjadikan rest area bukan sumber kemacetan, apakah menambah kapasitas, pokoknya rest area harus dicari solusinya supaya tidak menjadi sumber kemacetan," jelasnya. (r/ab)